Kamis, 05 Juli 2012

Persiapan Diri dan Kemitraan Gender dalam Menghadapi Persaingan Globalisasi



Perkembangan IPTEK memberi dampak terhadap persaingan globalisasi. Globalisasi memiliki pengaruh yang sangat tinggi dalam peradaban manusia saat ini. Pesatnya perkembangan globalisasi membuat kita sebagai manusia yang memiliki akal berusaha sebaik mungkin dalam menghadapi globalisasi tersebut. Globalisasi juga menuntut manusia untuk terus berfikir kreatif agar terus dapat bertahan di dalam era globalisasi.

Selain pengaruh terhadap perkembangan IPTEK globalisasi juga berpengaruh di dalam kebudayaan, kebiasaan bahkan ekonomi sekalipun. Pengaruh tersebut memberi berbagai dampak positif maupun negative, dampak tersebut terjadi tergantung bagaimana manusia menjalani globalisasi itu sendiri.
Globalisasi menjadi positif ketika persaingan yang terdapat di dalamnya dapat dilewati dengan sehat, juga ketika persaingan tersebut di dasari oleh komitmen serta persiapan diri yang matang. Dan globalisasi menjadi negatif  ketika persaingan tersebut hanya di landasi oleh nafsu atau kepentingan untuk diri sendiri yang mengakibatkan berbagai cara  akhirnya di lakukan agar bisa terus bertahan dalam globalisasi.
Seperti yang telah di sebutkan salah satu cara agar bisa terus bersaing secara sehat dalam globalisasi, seorang individu harus memiliki persiapan diri yang matang. Pengaruh lingkungan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam persiapan diri setiap individu, lingkungan yang buruk akan memberikan hasil yang buruk dalam persiapan diri individu tersebut dalam menghadapi globalisasi, begitupula sebaliknya lingkungan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik dalam persiapan individu. Baik persiapan diri secara mental atau keahlian yang dimiliki oleh individu itu sendiri.
Selain persiapan diri yang matang, kemitraan gender juga berpengaruh dalam persaingan globalisasi. Kemitraan gender dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti kesetaraan atau kesamaan hak maupun kewajiban antara pria maupun wanita. Di era globalisasi seperti sekarang ini menuntut orang untuk terus berfikir lebih baik di banding sebelumnya, dulu seorang wanita yang di anggap lemah yang hanya bertugas mengurusi rumah tangga saja sekarang mampu bekerja, berkarya dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki.
 Kemitraan gender memberikan dampak terhadap persaingan karena wanita sudah memiliki kedudukan serta hak yang sama dengan laki-laki oleh karena itu dapat menambah daya saing dalam berbagai bidang baik pekerjaan maupun kedudukan.
Dengan demikian globalisasi memang telah memberikan berbagai macam dampak yang telah di timbulkan baik positif ataupun negatif yang mau tidak mau harus kita jalani karena perkembangan IPTEK, kebudayaan serta kebiaasaan akan terus terjadi yang di karenakan oleh keinginan manusia yang selalu ingin lebih dan lebih dari sebelumnya.
Kesetaraan gender dan di dasari oleh persiapan diri yang matang merupakan salah satu dari banyak cara agar kita sebagai manusia mampu terus bersaing dengan baik dan sehat di  dalam era globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar